Selasa, 04 Maret 2014

Kupu-Kupu Kaca (Frosty-Tipped Clearwing)




Ini Kupu-kupu benaran lho… bukan kupu2 boongan tetapi karena sayapnya yang transparan (yang berfungsi sebagai mekanisme pertahan alami tubuhnya) mereka sangat susah untuk dicari.
Kupu-kupu Glasswing atau kupu-kupu Frosty-Tipped Clearwing merupakan jenis kupu-kupu yang mempunyai sayap transparan seperti
kaca. Kupu-kupu dengan lebar sayap antara 2.2 - 2.4 inci (5.6 - 6.1 cm) ini dapat ditemui dari Meksiko hingga Panama di Amerika Tengah.
 Kupu2 ini sangat jarang dan langka, sehingga para Ahli Ekologi (khususnya Rain Forrest Ecologists) menjadikan mereka sebagai penanda perubahan cuaca dan indikasi dari kualitas habitat kupu2 ini.
Sayap transparan ini menguntungkan, loh! Sebab, para pemangsa seringkali terkecoh dan tidak menyadari keberadaan si kupu-kupu kaca. Hehehe, aman, deh dari pemangsa.
Para pemangsa juga tidak suka memakan kupu-kupu ini. Rasanya pahit!!!Karena terlalu banyak makan tanaman cestrum, tubuh si kupu-kupu jadi banyak kandungan alkaloid.
Makanya, para pemangsa tidak suka! Yang pasti, enggak tahan rasa pahitnya, itu loh. Kupu-kupu ini begitu cantik, sayapnya transparan begitu bening seperti kaca yang berkilauan ketika ditimpa cahaya.. memancarkan warna hijau, merah dan oranye dengan indahnya… Woowww.. jadi pengen lihat aslinya ya… Allah memang Maha Besar…

Sumber:



0 komentar:

Posting Komentar