Sabtu, 08 Maret 2014

Egg Carving (telur ukir)



Telur ukir atau dalam bahasa Inggris disebut Egg Carving adalah sebuah karya seni yang sangat unik dan juga antik. Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar atau melihatnya di surat kabar atau mungkin di televisi. Namun saya yakin banyak orang yang baru mendengarnya dan mungkin membayangkan seperti apa wujudnya
. Ukir telur sendiri sebenarnya bukanlah hal yang baru di dunia seni. Seni ini banyak ditekuni oleh para seniman di Eropa. Sebuah seni yang menggabungkan estetika, skill, ketelatenan dan kesabaran. Dalam pembuatannya memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang ekstra karena kesalahan sekecil apapun dapat menyebabkan telur retak atau pecah. Pengerjaannya pun memerlukan waktu yang cukup lama untuk sebuah karya seni. Bisa dalam hitungan hari,minggu,atau bahkan dalam hitungan bulan,tergantung pada motif dan tingkat kesulitannya. Media yang digunakan mulai dari telur ayam, telur bebek,telur angsa, bahkan telur burung unta.
Sebenarnya Seni Ukir Telur ini sudah lama ada, kalau tidak salah awalnya dari peradaban cina dinasti Ming pada pertengahan abad ke 14. Tetapi beberapa literatur juga menyebutkan ada beberapa negara dari Eropa yang mempunyai budaya menghias telur. yaaaahhh dari mana aja dah, yang penting seni ukir yg satu ini mampu menyedot perhatian saya.
Ini dia contoh-contoh dari Egg Carving:






Keren bukann.. jadi kepengen buat Egg Carving. Semoga bermanfaat, thanks :-)





Sumber :



0 komentar:

Posting Komentar