DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE BAGI
SISWA
SMP NEGERI 20 MALANG
Disusun
untuk melengkapi tugas Bahasa Indonesia sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional
(UN).
Add caption |
Oleh
kelompok : empat (04) / 9A
1. Bawon
Lestari (01)
2. Septina
Kusumaningtyas (04)
3. Laras
Anindita (12)
4. Sri
Noor Wulandari (13)
Sekolah
Menengah Pertama Negeri 20 Malang
Jalan Raden Tumenggung Suryo Nomor 38. Telp.
0341-491806
Tahun pelajaran 2013/2014
DAMPAK PENGGUNAAN HANDPHONE BAGI
SISWA
SMP NEGERI 20 MALANG
Disusun
untuk melengkapi tugas Bahasa Indonesia sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional
(UN).
Oleh
kelompok : empat
(04) / 9A
1. Bawon
Lestari (01)
2. Septina
Kusumaningtyas (04)
3. Laras
Anindita (12)
4. Sri
Noor Wulandari (13)
Sekolah
Menengah Pertama Negeri 20 Malang
Jalan Raden Tumenggung Suryo Nomor 38. Telp.
0341-491806
Tahun pelajaran 2013/2014
i
HALAMAN MOTTO
· Berhati-hatilah, karena beberapa
kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan.
·
Orang
cerdas tidak selalu menyelesaikan masalahnya secara bijak, namun orang bijak
selalu menyelesaikan masalahnya secara cerdas.
ii
LEMBAR PENGESAHAN
Karya tulis yang berjudul “Dampak Penggunaan
Handphone bagi Siswa SMP Negeri 20 Malang” ini telah disetujui pada tanggal 6 Januari 2014.
Disetujui oleh:
Kepala
SMP Negeri 20 Malang, Guru Pembimbing,
Dra.Tutut Sri Wahyuni Dra.Rubiati M.Pd
NIP.
19641005 1988903 2 009 NIP.
19680911 199512 2 005
iii
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum.
Wr. Wb,
Puji syukur penulis ucapkan ke
hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan limpahan-Nya
karya tulis yang berjudul “Dampak Penggunaan Handphone bagi Siswa SMP Negeri 20
Malang” ini dapat diselesaikan penulis dengan baik dan lancar.
Tujuan menyusun karya tulis ini agar
siswa SMP Negeri 20 Malang mengetahui tentang pengaruh penggunaan handphone,
yang dapat menimbulkan banyak dampak negatif maupun positif pada siswa SMP
Negeri 20 Malang.
Penyusunan karya tulis ini tentunya
tidak terlepas dari bantuan dan arahan dari berbagai pihak. Oleh karena itu,
penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dra. Tutut Sri Wahyuni, M.M.Pd
selaku Kepala SMP Negeri 20 Malang yang telah memberikan dukungan moral dan
fasilitas dalam penyusunan karya tulis ini. Ucapan terima kasih selanjutnya
juga penulis sampaikan kepada Ibu Dra. Rubiati, M.Pd selaku guru mata pelajaran
Bahasa Indonesia karena telah memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis.
Selain itu, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Inda Riani, S.Pd
yang telah membantu menjadi narasumber untuk diwawancarai sehingga informasi
yang telah diberikan dapat digunakan sebagai bahan penunjang penyusunan karya
tulis ini. Tidak lupa penulis juga mengucapkan kepada orang tua penulis yang
telah memberikan dukungan baik secara moril maupun finansial sehingga
penyusunan karya tulis ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selanjutnya
ucapan terima kasih juga penulis sampaikan kepada teman-teman yang telah
berpartisipasi dalam pengisian angket sehingga dapat menunjang informasi yang
sangat dibutuhkan penulis. Ucapan terima kasih juga penulis sampaikan kepada
pihak-pihak lain yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah
membantu dalam penyelesaian karya tulis ini.
iv
Penulis menyadari bahwa penyusunan
karya tulis ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran
yang bersifat membangun sangat penulis harapkan dari pembaca.
Semoga karya tulis ini dapat
memberikan manfaat bagi pembaca.
Wasalamualaikum
Wr. Wb.
Malang, 6 Januari 2014
Penulis
v
BAB I
PENDAHULUAN
Pada bab pendahuluan ini penulis
memaparkan tentang (1) latar belakang, (2) ruang lingkup, (3) pembatasan
masalah, (4) rumusan masalah, (5) tujuan penelitian, (6) manfaat penelitian,
(7) anggapan dasar dan hipotesis, dan (8) sumber data dan metode.
1.1
Latar
Belakang
Di
zaman serba teknologi seperti sekarang ini, handphone bukanlah barang asing bagi siapapun. Bahkan,
anak anak kecil pun sudah banyak yang
menggunakan handphone termasuk siswa. Lalu adakah pengaruh handphone terhadap
prestasi belajar dan perilaku siswa? Handphone adalah teknologi yang diciptakan
manusia untuk mempermudah berkomunikasi. Saat ini handphone sudah beragam
macamnya, walaupun fungsi utamanya sama yaitu menelpon atau berbicara jarak
jauh. fitur–fitur di handphone sudah banyak berkembang. Mulai dari kamera, mp3,
sketch draw, game, bahkan jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan
Instragam. Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang
sudah ditanamkan fitur komputer. Ada pula penyedia jasa handphone di beberapa negara yang menyediakan
layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di handphone mereka. Jadi di handphone tersebut, orang
bisa mengubah fungsi handphone tersebut menjadi mini komputer.
Kemajuan teknologi telah memberikan banyak manfaat bagi setiap manusia, secara
khusus juga bermanfaat bagi proses pembelajaran.
Handphone
banyak membantu komunikasi antar individu bahkan bisa juga dilakukan antar
kelompok dengan berbagai fasilitas layanan yang disediakan jasa telekomunikasi.
Penggunaan handphone dalam dunia pendidikan adalah sebuah permasalahan yang
perlu dikaji oleh kita , handphone hanya berguna untuk menyampaikan Short Message Service (SMS), telepon, mendengarkan
musik, dan
1
2
bermain
game. Sebenarnya handphone juga bermanfaat di kalangan pelajar jika digunakan
untuk kepentingan belajar. Handphone yang dapat berhubungan dengan internet
dapat membantu siswa untuk mencari informasi yang dapat menopang pengetahuannya
di sekolah. Namun pada kenyataannya handphone hanya digunakan untuk mengirim
SMS, mendengarkan musik, bemain game, serta untuk bergelut di jejaring sosial.
Berdasarkan penjelasan di atas penulis tertarik untuk menulis “Dampak Penggunaan Handphone bagi siswa SMP
Negeri 20 Malang”.
1.2
Ruang
Lingkup Masalah
Teknologi
adalah alat canggih yang dapat membantu kehidupan manusia dan saat ini terus
mengalami perkembangan. Dalam perkembangan teknologi terus mengalami kemajuan
sehingga tercipta berbagai alat canggih seperti : televisi, laptop, tab, ipad, handphone,
dan sebagainya.
Dengan
semakin berkembangnya teknologi , maka ada pengaruh yang ditimbulkannya. Dalam
bab ini penulis akan membahas tentang pengaruh teknologi berupa handphone.
Handphone dapat dikatakan sebagai suatu hal yang penting dalam kehidupan karena
fungsinya sebagai alat komunikasi. Handphone merupakan alat komunikasi
elektronik yang dapat dibawa kemana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan
kabel. Oleh karena itu, penggunaan handphone dapat diamati dari berbagai
kalangan. Mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa, dan masyarakat yang
perekonomiannya tinggi serta masyarakat yang perekonomiannya rendah pun sudah
memiliki handphone.
1.3 Pembatasan Masalah
Berdasarkan ruang lingkup di atas,
maka pembatasan masalah dalam penelitian ini antara lain sebagai berikut.
1.3.1 Pengertian handphone.
1.3.2
Perkembangan handphone dewasa ini.
3
1.3.3
Manfaat penggunaan handphone.
1.3.4 Pengaruh
handphone bagi siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.3.4.1 Pengaruh Positif handphone.
1.3.4.2 Pengaruh Negatif handphone.
1.3.5 Macam-macam fitur-fitur dalam handphone
yang menunjang
pembelajaran siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.3.6
Ciri-ciri siswa SMP Negeri 20 Malang
yang kecanduan handphone.
1.3.7
Faktor-faktor penyebab siswa SMP Negeri 20 Malang kecanduan
handphone.
1.3.8
Upaya untuk menghindari penggunaan handphone secara berlebihan.
1.3.9
Hasil angket tentang “Dampak Penggunaan Handphone bagi Siswa SMP Negeri 20
Malang” .
1.4 Rumusan Masalah
Berdasarkan
pembatasan masalah di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut.
1.4.1 Apa pengertian handphone?
1.4.2 Bagaimana perkembangan
handphone dewasa ini?
1.4.3 Apa tujuan penggunaan
handphone?
1.4.4 Apa pengaruh handphone bagi siswa SMP Negeri
20 Malang?
1.4.4.1 Apa pengaruh
positif handphone?
1.4.4.2 Apa pengaruh negatif
handphone?
4
1.4.5 Apa saja fitur-fitur dalam handphone yang
menunjang
pembelajaran siswa SMP Negeri 20 Malang?
1.4.6 Bagaimana ciri-ciri siswa SMP
Negeri 20 Malang yang kecanduan handphone?
1.4.7
Faktor apa yang menyebabkan siswa SMP Negeri 20 Malang kecanduan handphone?
1.4.8 Bagaimana upaya untuk
menghidarkan penggunaan handphone secara
berlebihan?
1.4.9
Bagaimana hasil angket tentang “Dampak Penggunaan handphone bagi Siswa SMP Negeri 20 Malang”?
1.5 Tujuan Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah di atas tujuan penelitian adalah sebagai berikut.
1.5.1 Tujuan Umum
Tujuan
umum penelitian ini adalah mendiskripsikan dampak penggunaan handphone bagi
siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.5.2 Tujuan Khusus
1.5.2.1
Mendiskripsikan pengertian handphone.
1.5.2.2 Mendiskripsikan perkembangan
handphone dewasa ini.
1.5.2.3 Mendiskripsikan tujuan
penggunaan handphone.
1.5.2.4
Mendiskripsikan pengaruh handphone bagi siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.5.2.4.1 Mendiskripsikan dampak
positif handphone.
5
1.5.2.4.2 Mediskripsikan dampak negatif
handphone.
1.5.2.5
Mendiskripsikan fitur-fitur dalam handphone yang menunjang
pembelajaran siswa SMP Negeri 20 Malang
1.5.2.6 Mendiskripsikan ciri-ciri siswa SMP Negeri 20
Malang yang kecanduan handphone.
1.5.2.7
Mendiskripsikan Faktor-faktor penyebab siswa SMP Negeri 20 Malang kecanduan handphone.
1.5.2.8
Mendiskripsikan Upaya untuk menghindari penggunaan handphone secara berlebihan.
1.5.2.9
Mendiskripsikan hasil angket tentang “Dampak Penggunaan Handphone bagi Siswa
SMP Negeri 20 Malang”.
1.6 Manfaat Penelitian
Handphone adalah alat komunikasi
yang banyak digunakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, dalam karya tulis ini
penulis mengambil judul
“ Dampak Penggunaan Handphone
bagi Siswa SMP Negeri 20 Malang “. Dan dari penyusunan karya tulis ini
penulis dapat menguraikan adanya beberapa manfaat untuk pembaca diantaranya
guru, orang tua, siswa, maupun penulis.
·
Untuk Guru
Penelitian
ini bisa bermanfaat untuk guru karena dengan adanya karya tulis ini, guru lebih
mengetahui bagaimana dampak dan pengaruh handphone lebih dalam kepada siswanya.
Dan juga bisa membantu guru pada siswanya dalam membatasi penggunaan handphone
sehingga tidak menyebabkan siswanya kecanduan handphone.
6
·
Untuk Orang Tua
Penelitian
ini juga bisa bermanfaat untuk para orang tua siswa. Karena dengan adanya
penelitian ini orang tua akan lebih mengetahui karakter anaknya yang mulai
kecanduan handphone, serta bisa lebih membatasi
penggunaan
handphone untuk anaknya.
·
Untuk Siswa
Tentunya
penelitian yang penulis buat ini memang lebih spesifik untuk siswa, agar siswa
mengetahui dampak-dampak yang disebabkan dari penggunaaan handphone. Serta
siswa lebih mengetahui bagaimana cara untuk memenegement waktu antara belajar
atau beraktifitas sehari-hari dengan menggunakan handphone. Karena banyak
sekali siswa dewasa ini lebih mementingkan pengoperasian handphone dibandingkan
dengan belajar.
·
Untuk Penulis
Untuk
penulis sendiri, penelitian ini bermanfaat untuk menambah pengalaman dalam membuat
karya tulis dan juga menambah wawasan penulis mengenai dampak yang dihasilkan
penggunaan handphone dikalangan siswa.
1.7 Anggapan Dasar dan Hipotesis
1.7.1
Anggapan Dasar
Handphone merupakan salah satu
teknologi komunikasi elektronik yang bisa dibawa kemana-mana dan tidak perlu
dipasangkan oleh kabel. Saat ini handphone sudah beragam macamnya,walaupun
fungsi utamanya adalah untuk menelepon atau berbicara jarak jauh tapi handphone
juga mempunyai beberapa fitur seperti kamera, mp3, bahkan jejaring sosial
seperti facebook dan twitter. Teknologi komunikasi telah memberikan banyak
manfaat bagi kehidupan manusia khusunya juga bagi dunia pendidikan terutama
dalam proses pembelajaran.
Penggunaan handphone di kalangan
pendidikan merupakan pemasalahan yang
perlu dikaji, terutama di kalangan SMP Negeri 20 Malang. Pada saat ini
7
yang paling terkenal di dunia remaja adalah
jejaring sosial seperti facebook, twitter, yahoo messanger, Whats app , chat
on, dan sebagainya.
1.7.2 Hipotesis
Dewasa
ini memang handphone mengalami perkembangan yang pesat, mulai dari fitur maupun
bentuk. Fitur handphone dewasa ini memang sangat banyak seperti adanya internet
dan media chatting, serta perkembangan handphone yang bertambah modern seperti
adanya handphone android yang serba bisa. Selain itu bentuk handphone sudah
lebih menarik dan lebih mudah dibawa, seperti bertambah tipisnya handphone dan
juga model touchscreen yang lebih
tren dikalangan muda maupun tua. Dewasa ini handphone memang termasuk alat
utama yang sangat dibutuhkan bagi banyak orang, dan juga banyak sekali
dampak-dampak yang dapat ditimbulkan dari penggunaan handphone dari segi
kesehatan maupun perilaku.
Dari
anggapan dasar di atas penulis berhipotesis bahwa penggunaan handphone sangat
berpengaruh dan membawa dampak siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.8
Sumber Data dan Metode
1.8.1 Sumber Data
Sumber
data yang digunakan penulis dalam penelitian diambil dari internet.
1.8.2 Metode
1.8.2.1 Wawancara
Penulis
melakukan metode wawancara pada 1 siswa kelas 7 yang bernama Fitria Laili
Maulidiah, 1 siswa kelas 8 yang bernama Resyanda Fadhila Safira, 2 siswa kelas
9 yang bernama Eka Sundari dan Sofia Ari Murti, dan salah satu guru pendidik
yang bernama Inda Riani.
8
1.8.2.2 Penyebaran
Angket
Penulis
menyebarkan angket sebanyak 100 lembar kepada siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 20 Malang. Kelas VII dan VIII
masing-masing 30 lembar, dan 40 lembar kepada siswa kelas IX pada tanggal 13
Desember 2013.
1.8.2.3 Pengamatan
Berdasarkan
pengamatan penulis, perilaku siswa yang sangat menyimpang merupakan salah satu
dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi sehingga menuntut siswa
untuk mengikuti perkembangan tersebut.
BAB II
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
2.1 Pengertian handphone
Handphone adalah
alat yang diciptakan oleh manusia untuk mempermudah komunikasi.
Saat ini handphone sudah beragam macamnya, walau fungsi utamanya adalah untuk
menelepon/berbicara jarak jauh, fitur handphone sudah banyak berkembang. Mulai
dari penambahan fitur kamera, MP3, bahkan jaringan internet.
Teknologi ini mulai digunakan tahun 1970 yang diawali dengan
penggunaan mikroprosesor untuk teknologi komunikasi. Dan pada tahun 1971,
jaringan handphone pertama dibuka di Finlandia bernama ARP. Menyusul kemudian
NMT di Skandinavia pada tahun 1981 dan AMPS pada tahun 1983. Penggunaan
teknologi analog pada generasi pertama menyebabkan banyak keterbatasan yang
dimiliki seperti kapasitas trafik yang kecil, jumlah pelanggan yang dapat
ditampung dalam satu sel sedikit, dan penggunaan spektrum frekuensi yang
boros.Di sisi lain, meningkatnya jumlah pelanggan tidak bisa ditampung generasi
pertama. Selain itu, teknologi 1G hanya bisa melayani komunikasi suara, tidak
seperti 2G yang bisa digunakan untuk SMS. Tetapi itu awal pertama munculnya,
namun perkembangan handphone terus berlanjut, teknologi handphone akan terus
bergulir, inovasi baru akan terus muncul pada masa-masa yang akan datang.
2.2
Perkembangan handphone dewasa ini
Jaman
sekarang ini hampir setiap orang memiliki telepon genggam atau yang lebih
familiar disebut handphone atau ponsel. kalau bicara perkembangan ponsel
mungkin tidak akan pernah berhenti. dari pada membahas perkembangan ponsel yang
tidak ada habisnya lebih baik kita mengenal sejarah ponsel dari beberapa dekade
terakhir.
Penemu sistem telepon genggam yang
pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 3 April
1973, walaupun banyak disebut – sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim
dari salah satu divisi
9
10
Motorola (divisi tempat Cooper
bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper
adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara
fleksibel.
Di bawah ini penulis menyajikan
informasi mengenai evolusi ponsel dari
tahun 1995 – 2012 :
1995
Pada tahun 1995 ponsel memiliki
ukuran yang sangat besar dan juga tebal. Selain besar dan juga tebal, ponsel
juga memiliki antena yang panjang untuk bisa mendapatkan sinyal.
1996
Di tahun berikutnya 1996, ponsel
bentuknya tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Masih memiliki ukuran yang besar
dan juga tebal, namun memiliki antena yang lebih pendek dari tahun sebelumnya.
Pada tahun ini, ponsel yang cukup populer adalah Nokia 9000.
1997
Tahun 1997, pengguna tak akan
menemukan lagi yang namanya antena pada ponsel. Tentu ini membuat ponsel besar
dan tebal itu terlihat lebih baik dari sebelumnya.
1998
Ternyata pada tahun ini kamu akan
mendapatkan ponsel yang berantena kembali, entah kenapa si antena satu ini bisa
kembali. Kembalinya si antena ternyata juga membawa hal yang baru, yaitu ponsel
disaat tahun 1998 tersedia dengan berbagai warna. Ponsel yang populer kalah itu
adalah Nokia 5110.
1999
Era dimana ponsel berukuran besar
dan memperlihatkan antena rupanya telah usai
11
pada tahun 1999. Salah satu yang
membawa trend ponsel menjadi lebih kecil kala itu adalah Nokia 3210. Dengan
antena yang berada di dalam dan juga grafik yang lebih bagus.
2000
Ponsel pertama yang muncul dengan
teknologi touchscreen muncul pada tahun 2000. Tentu fitur touchscreen jaman
dulu tak sehebat jaman sekarang.
2001
Pada masa inilah era ponsel hitam
putih telah usai dan digantikan dengan monochrome. Ponsel yang populer kala itu
adalah Nokia 8250 dengan bentuk yang kecil dan ramping, serta antena yang telah
hilang.
2002
Teknologi semakin berkembang pesat
pada tahun 2002. Ponsel dengan teknologi layar bewarna dan juga adanya kamera
telah muncul pada tahun itu. Ponsel dengan kamera adalah kemunculan pertama
pada tahun itu, pengguna dapat menggunakan kamera untuk memotret. Nokia 7650
adalah ponsel yang pada tahun itu cukup populer, dengan model slidding, kamera
0,3MP dan juga layar yang bewarna.
2003
Jika sebelum-sebelumnya ponsel hanya
memiliki satu layar, pada jaman ini kamu akan menemukan ponsel dengan dua
layar. Samsung S300 adalah yang menjadikan trend saat itu, dengan model flip
yang disediakan layar dalam dan luar. Layar dalam berfungsi seperti pada ponsel
umumnya, layar depan berfungsi untuk mengetahui jam dan juga telepon dan pesan
yang masuk.
2004
Tahun 2004 adalah kemunculan ponsel
tertipis yaitu Motorola V3. Motorola V3 muncul dengan bentuk yang ramping,
bentuk flip, dua layar, kamera VGA dan
12
masih banyak fitur lainnya. Ponsel
yang berbentuk besar dan juga tebal telah musnah saat itu, ponsel saat itu
telah bisa kamu bawa kemana saja di kantong saku atau celana.
2005
Pada tahun 2005, Sony memberikan
nuansa baru pada ponsel. Sony meluncurkan ponsel dengan ditambahkannya fitur
Walkman, yaitu Sony W800i. Sony W800i saat itu benar-benar dikhususkan untuk
pecinta musik. Sony W800i mempunyai tombol pemutar musik, tambahan memory
stick, sehingga kamu dapat menikmati musik dimana saja dan kapan saja. Namun
tetap bisa digunakan untuk telepon dan sms.
2006
Era fashion mulai ditambahan kedalam
ponsel pada saat itu. Ponsel saat itu menjadi aksesoris yang berperan untuk
menandai karakter dari pemiliknya. Salah satu ponsel yang cukup digemari untuk
ajang bergaya saat itu adalah LG Chocolate. LG Chocolate memliki desain yang
cantik dan juga elegan.
2007
Perusahaan Apple meluncurkan iPhone
seri pertamanya pada tahun 2007. Ponsel ini adalah ponsel pertama yang
menggunakan sistem operasi iOS, touchscreen yang canggih dan juga banyak
memiliki aplikasi. Memiliki iPhone pada saat itu adalah sebuah kebanggaan.
2008
Tahun 2008 orang-orang telah banyak
menggunakan laptop untuk bekerja. Ponsel juga mengalami hal yang sama, karena
banyak orang yang setiap hari menggunakan laptop, ponsel QWERTY kemudian
muncul. Ponsel pertama
13
QWERTY pada saat itu adalah HTC G1. HTC G1 muncul dengan
layar yang lebar dan juga QWERTY, tidak hanya itu saja. Pada saat itu juga
Android muncul yang dijadikan sistem operasi untuk HTC G1.
2009
Masih dengan teknologi QWERTY dan
juga touchscreen, namun touchscreen pada saat itu sudah mempunyai resolusi yang
tajam dan tinggi. Motorola Milestone adalah ponsel yang membawai hal tersebut.
Motorola Milestone hadir dengan touchscreen, QWERTY, OS Android, dan fitur-fitu
canggih untuk bekerja.
2010
Pada era saat ini muncul ponsel
dengan bentuk yang baru, jika pada saat dulu ponsel berbentuk batu bata
sepertinya saat 2010 juga diterapkan. Namun dengan bentuk yang lebih kecil dan
juga ringan. Motorola Backflip adalah ponsel dengan bentuk batu bata yang
keren. Motorola Backflip memberikan kamu layar yang bisa diputar ke belakang
sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakan touchscreen.
2011
2011 kembali berjayanya era ponsel
touchscreen yang mendominasi pasar gadget. Tidak hanya touchscreen, pada tahun
2011 banyak ponsel yang muncul dengan bentuk tipis dan juga ramping. Samsung
Galaxy S II adalah ponsel yang mencukup kebutuhan orang-orang pada zaman modern
ini. Samsung Galaxy S II dilengkapi dengan fitur kamera 8MP, layar AMOLED, OS
Android, tebal ponsel yang kurang dari 1 cm, suport untuk internet, telefon dan
juga GPS.
2012
Pada tahun 2012 kamu akan menemukan
Nokia Lumia 800 yang berjalan dengan Windows 7 Mobile Edition.
14
2.3 Manfaat Penggunaan Handphone
Manfaat yang bisa kita peroleh dari
handphone diantaranya adalah :
1.
Mempermudah kita berkomunikasi.
Kita dapat berkomunikasi dengan lawan bicara kita tanpa perlu bertatap muka langsung dengan lawan bicara kita, dimana pun dan sejauh apa-pun lawan bicara kita, kita dapat bertukar informasi secara mudah.
Kita dapat berkomunikasi dengan lawan bicara kita tanpa perlu bertatap muka langsung dengan lawan bicara kita, dimana pun dan sejauh apa-pun lawan bicara kita, kita dapat bertukar informasi secara mudah.
2.
Memperluas jaringan persahabatan, jaringan pertemanan, dan rekan
kerja.
Dengan menggunakan aplikasi pertemanan yang disediakan di handphone, kita dapat menemukan orang-orang baru dari penjuru daerah nama-pun yang belum tentu kita ketahui letak daerah tersebut.
Dengan menggunakan aplikasi pertemanan yang disediakan di handphone, kita dapat menemukan orang-orang baru dari penjuru daerah nama-pun yang belum tentu kita ketahui letak daerah tersebut.
3.
Menambah pengetahuan kita tentang perkembangan teknologi
terbaru.
4.
Mempermudah kita untuk menyelesaikan suatu perkerjaan.
5.
Mempermudah kita untuk mencari informasi di dunia maya
2.4 Pengaruh Handphone bagi Siswa SMP
Negeri 20 Malang
2.4.1 Pengaruh Positif
Berikut ini
adalah beberapa pengaruh positif handphone bagi siswa SMP Negeri 20 Malang
1. Menjadi
alat berhubungan jarak jauh, ponsel jadi tumpuan pelajar dalam berhubungan
dengan rekan -rekannya. Hal tersebut dapat membuat mudah pelajar dalam
mengkoordinasian sahabat- sahabatnya jika hendak belajar kelompok maupun
membuat tugas bareng.
2. Ponsel
dibuat guna menjadikan gampang hidup, serta telah teruji bahwa kehidupan
pelajar pun lumayan tertolong dengan keberadaan ponsel. Contohnya, pada luar
waktu sekolah, pelajar dapat berkomunikasi bersama temannya guna menanyakan
bahan tugas maupun PR tanpa mesti keluar rumah yang dapat menggunakan banyak
waktu.
15
3. Ponsel
dapat mengoleksi suatu berkas serta gampang dibawa kemana pun, itu tentu
benar-benar bermanfaat. Kegunaan ponsel untuk pelajar berdasarkan hal tersebut
contohnya pelajar dapat mencatat bahan pelajaran serta dapat menghapalnya
dimana saja serta kapan saja. Contoh lain, pelajar mencatat sejumlah informasi
bermanfaat serta menyimpannya dalam handphone, Contoh pengumuman ujian, suatu
materi yang dia amati pada satu buku pada toko buku, dan lainnya.
4. Telepon
seluler mempunyai fasilitas entertainment, semacam musik (MP3) maupun
permainan. Fasilitas tersebut dapat menghibur kalangan pelajar yang bisa saja
lelah ketika belajar.
5. Sekarang
sudah melimpah dibuat ponsel berfasilitas internet. Hal tersebut lumayan
menjadikan gampang kalangan pelajar dalam mendapatkan informasi mengenai bahan
pelajaran melalui internet yang telah terdapat pada ponsel.
2.4.2 Pengaruh Negatif
Selain
memiliki pengaruh positif, handphone juga memiliki pengaruh negatif yang
seharusnya dihindari oleh siswa, antara lain :
1. Hal buruk
dampak ponsel yang mungkin amat menonjol ialah fasilitas internetnya. Biarpun
memudahkan pelajar dalam mendapatkan materi pelajaran, pada faktanya nyaris
setiap pelajar memakai fasilitas tersebut guna hiburan semata. Apakah ini
sesuatu yang keliru? Pasti lah tidak, dengan syarat dipakai sesuai kegunaan.
Tapi realitanya, lumayan banyak prestasi pelajar yang mundur cuma lantaran
kelewat asyik bersama dunia maya yang terdapat pada handphone, umpama asyik
bersama jejaring sosial yang saat ini tengah marak.
2. Kecuali
fasilitas internet, fasilitas permainan pada ponsel juga lumayan memberi
pengaruh pada prestasi belajar pelajar di sekolah. Serupa
16
layaknya
internet, game tak akan mengganggu jika dipakai sesuai ketentuan serta
mempunyai batasan. Namun, kebanyakan pelajar malah kelewat asyik bermain game
serta lupa dalam belajar.
2.5 Macam-Macam Fitur dalam
Handphone yang Menunjang Pembelajaran Siswa SMP Negeri 20 Malang
Fitur-fitur
dalam handphone yang dapat menunjang pembelajaran siswa SMP Negeri 20 Malang
diantaranya:
1.
Internet
Internet memang hal yang cukup menunjang
pembelajaran siswa dalam mencari informasi maupun tugas-tugan serta
berkomunikasi dengan sesama siswa. Saat ini banyak sekali handphone yang sudah
memiliki fitur internet. Sehingga tidak sedikit dari siswa yang sudah mengenal
internet dan menggunakannya untuk media pembelajaran. Contoh : yaitu biasanya
jika ada tugas yang kurang atau materinya yang kurang dari buku, siswa biasanya
mencari melalui internet.
2.
SMS (Short Messagge Service)
Fitur SMS juga bisa memberikan kemudahan
siswa dalam pembelajaran, karena dengan SMS siswa bisa menanyakan tugas pada
siswa lain. SMS biasanya juga bisa digunakan untuk mengirim gambar, sehingga
bisa memudahkan siswa dalam pembelajaran.
2.6 Ciri-Ciri Siswa SMP Negeri 20 Malang yang Kecanduan Handphone
Akibat
dari adanya fitur-fitur canggih dalam handphone, banyak siswa yang sekarang ini
menjadi kecanduan dalam mengoperasikan handphone. Berikut
adalah ciri-ciri siswa yang kecanduan dalam mengoperasikan handphone :
1.
Panik atau gelisah.
Perasaan gelisah pada pengidap nomophobia tidak
17
hanya dialami saat benar-benar berpisah dari ponselnya,
tetapi juga saat berada di lokasi yang tidak ada sinyal. Tidak hanya itu, orang
yang sudah kecanduan ponsel akan panik jika kehabisan baterai dan lupa bawa
charger atau berada di lokasi yang mengharuskan ponsel untuk dimatikan.
2. Selalu mengecek ponsel. Hampir setiap jam atau bahkan
setiap menit orang yang sudah kecanduan ponsel akan selalu mengecek ponselnya.
Dia selalu merasa penasaran apakah ada panggilan masuk atau tidak. Dia juga
tidak segan untuk mengecek kotak masuk di handphone-nya setiap saat.
3. Tidak bisa pergi tanpa ponsel. Barang apa yang sering
kali kamu cek saat berpergian? Jika jawabannya ponsel, bisa jadi kamu sudah
kecanduan. Selalu mengutamakan ponsel saat berpergian itu adalah ciri orang
kecanduan ponsel. Padahal ada barang lain yang lebih penting dari ponsel yakni,
dompet atau uang.
4. Sering mengalami gangguan kesehatan. Orang yang
kecanduan ponsel atau nomophobia biasanya akan mengalami gangguan kesehatan
jika tidak ada ponsel di hidupnya. Gangguan kesehatan itu antara lain: -
Serangan panik. - Pusing, kepala berputar-putar. - Sesak napas. - Mual. -
Keringat dingin. - Denyut jantung meningkat. - Gemetar. - Nyeri dada.
5. Menggunakan ponsel kapan saja dan dimana saja.
Menggunakan ponsel saat di halte atau tempat tunggu umum itu adalah hal yang
wajar. Tapi jika sudah menggunakan ponsel saat berkendara, menyetir motor atau
mobil ini baru tidak biasa. Jika kamu pernah atau bahkan sering menggunakan
ponsel saat menyetir itu artinya kamu sudah kecanduan ponsel. Karena sudah
merasa asik dengan ponsel maka faktor keselamatan tidak lagi dipikirkan.
18
2.7
Faktor-Faktor
Penyebab Siswa SMP Negeri 20 Malang Kecanduan
Handphone
Salah
satu dampak negatif dari handphone adalah dapat menyebabkan kecanduan bagi si
penggunanya. Jika dampak negatif ini hanya dibiarkan begitu saja akan berakibat
fatal terhadap kondisi penggunaaan ponsel. Efek ketergantungan yang terjadi
akan semakin besar dan merusak psikologis terhadap dirinya sendiri. Salah satu
penyebab utama yang seringa menjadi acuan kecanduan ponsel adalah kemudahan
akses yang diberikan oleh ponsel pintar tersebut. Dengan kemudahan semua akses
itulah pengguna merasa mempunyai kesangan tersendiri terhadap hal baru yang
ditawarkan oleh ponsel pintarnya tersebut.
Seorang peneliti bernama Prof. Carry
mengatakan bahwa menjadi subjek aliran data yang konstan atau overload informasi
menghadirkan risiko nyata ketidakpedulian terhadap informasi yang benar-benar
tidak diperlukan dan menjadikan anda kurang mengontrol kehidupan. Dan pendapat
tersebut terbukti dengan dampak negatif penggunaan ponsel yang sering dialami
oleh sebagian penggunanya. Para pengguna ponsel tersebut akan selalu memprioritaskan
hal baru yang ada disponselnya, meskipun ada hal laiin yang lebih penting.
Selain itu pengguna ponsel tidak hanya dikalangan orang-orang remaja hingga
dewasa saja, bahkan anak TK dan SD pun sudah dibekali ponsel oleh orang tuanya.
2.8 Upaya untuk Menghindari Penggunaan
Handphone Secara Berlebihan
Untuk menghentikan kebiasaan menggunakan ponsel secara
berlebih memang tidak mudah. Apalagi hampir setiap hari kita memakai ponsel dalam
beraktivitas. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk
menghentikan kebiasaan menggunakan handphone secara berlebihan.
1. Menggunakan handphone saat
benar-benar membutuhkannya.
Kembali ke fungsi dasar telepon genggam adalah sebatas telepon, sms, jam penjunjuk waktu, rekam suara, gambar & video, alarm bangun tidur
Kembali ke fungsi dasar telepon genggam adalah sebatas telepon, sms, jam penjunjuk waktu, rekam suara, gambar & video, alarm bangun tidur
19
dan pengingat
sesuatu (reminder). Selain itu sebaiknya jangan digunakan.
2.
Membatasi komunikasi dengan orang lain
Hindari ngobrol lewat handphone. Sebaiknya langsung saja bertemu dengan teman kita sepertu jaman dahulu kala sewaktu hanya ada telepon kabel saja. Gunakan telepon dan sms untuk yang penting dan mendesak saja.
Hindari ngobrol lewat handphone. Sebaiknya langsung saja bertemu dengan teman kita sepertu jaman dahulu kala sewaktu hanya ada telepon kabel saja. Gunakan telepon dan sms untuk yang penting dan mendesak saja.
3.
Menggunakan handphone jadul
Kalau telepon selular kita hanya bisa untuk telepon, sms dan fungsi dasar lain, sudah pasti kita tidak akan macam-macam. Apalagi jika handphone yang kita miliki jelek tombolnya sehingga menyulitkan kita untuk mengetik sms dan mencari nomor telepon.
Kalau telepon selular kita hanya bisa untuk telepon, sms dan fungsi dasar lain, sudah pasti kita tidak akan macam-macam. Apalagi jika handphone yang kita miliki jelek tombolnya sehingga menyulitkan kita untuk mengetik sms dan mencari nomor telepon.
4.
Mengisi
handphone dengan sedikit pulsa
Kalau pulsa yang ada hanya Rp. 10.000,- s/d Rp. 20.000,- untuk pemakaian satu bulan maka bisa dibayangkan berapa banyak pengorbanan yang harus kita lakukan demi penghematan besar-besaran tersebut.
Kalau pulsa yang ada hanya Rp. 10.000,- s/d Rp. 20.000,- untuk pemakaian satu bulan maka bisa dibayangkan berapa banyak pengorbanan yang harus kita lakukan demi penghematan besar-besaran tersebut.
5. Membuang handphone untuk
sementara waktu
Titipkan saja
sama bapak atau ibu guru kita dari hari jumat/sabtu sampai hari senin. Bilang
saja mau belajar hidup tanpa gangguan teknologi modern. Dari situlah kita akan
merasakan hidup seperti jaman kakek nenek kita yang hidup penuh makna dalam
kebersamaan sosial yang baik.
6.
Memikirkan beberapa hal berikut dalam hati
·
Kalau sebagian besar pulsa anda ditabung mau beli apa?
·
Bermain dengan hp
tidak menghasilkan uang. Cari hobi baru yang mencerahkan masa depan
·
Terlalu banyak
ngegosip dan ngomongin orang itu dosa.
20
·
Berinteraksi dengan orang sungguhan secara langsung lebih
menyenangkan dan mengasyikkan.
·
Seberapa besar anda
terpapar radiasi hp yang sering anda pakai?
·
Jangan menyesal jika
hobi atau orang yang anda cuekin selama ini tiba-tiba tiada.
·
Ibadah kepada Tuhan
lebih penting dari segala-galanya.
·
Anda memperbudak hp
atau diperbudak hp?
2.9
Hasil
Angket tentang “ Dampak Penggunaan bagi Siswa SMP Negeri 20 Malang”
Hasil angket dari pertanyaan nomor 1 “Apakah
Anda memiliki handphone pribadi?” adalah 91% menjawab Ya, 8% menjawab Tidak, 1%
menjawab Ragu-Ragu, kesimpulannya adalah mayoritas siswa SMPN 20 Malang sudah
memiliki handphone. Hasil angket dari pertanyaan nomor 2 “Apakah Anda sering
menggunakan handphone?” adalah 87% menjawab Ya, 8% menjawab Tidak, 5% menjawab
Ragu-Ragu, kesimpulannya adalah mayoritas siswa SMPN 20 Malang sering
menggunakan handphone. Hasil angket dari pertanyaan nomor 3 “Apakah keluarga
mengizinkan Anda menggunakan handphone?” adalah 94% menjawab Iya, 1% menjawab
Tidak, 5% menjawab Ragu-Ragu, kesimpulannya adalah mayoritas siswa SMPN 20
Malang sudah diizinkan keluarganya untuk menggunakan handphone. Hasil angket
dari pertanyaan nomor 4 “Apakah turunnya prestasi belajar Anda adalah salah
satu dampak dari penggunaan handphone?” adalah 25% menjawab Iya, 39% menjawab
Tidak, 36% menjawab Ragu-Ragu. Hasil angket dari pertanyaan nomor 5 “Apakah
Anda pernah ditegur orangtua karena terlalu sering mengoperasikan
21
handphone?” adalah 75% menjawab Iya, 16%
menjawab Tidak, 9% Ragu-Ragu, kesimpulannya adaah mayoritas siswa SMPN 20
Malang pernah ditegur orangtua-nya karena terlalu sering mengoperasikan
handphone. Hasil angket dari pertanyaan nomor 6 “Apakah Anda banyak
menghabiskan waktu untuk bermain handphone?” adalah 30% menjawab Iya, 54%
menjawab tidak, 16% menjawab Ragu-Ragu, kesimpulannya adalah bahwa siswa SMPN
20 Malang mayoritas tidak banyak menghabiskan waktu untuk bermain handphone.
Hasil angket dari pertanyaan nomor 7 “Apakah handphone mengubah karakter Anda
menjadi lebih individualis?” adalah 12% menjawab Iya, 62% menjawab Tidak, 26%
menjawab Ragu-Ragu, kesimpulannya adalah bahwa siswa SMPN 20 Malang mayoritas
sikapnya tidak berubah menjadi lebih individualis karena handphone. Hasil
angket dari pertanyaan nomor 8 “Apakah handphone memudahkan Anda untuk
berkomunikasi?”adalah 99% menjawab Iya, 0% menjawab Tidak, 1% mejawab
Ragu-Ragu, kesimpulannya adalah bahwa hampir seluruh siswa SMPN 20 Malang
merasa bahwa handpone memang memudahkan mereka untuk berkomunikasi. Hasil
angket dari pertanyaan nomor 9 “Dengan menggunakan handphone apakah Anda dampak
positifnya dibandingkan dengan dampak negatifnya?” adalah 54% menjawab Ya, 13%
menjawab Tidak, 33% menjawab Ragu-ragu, kesimpulannya adalah mayoritas SMP Negeri 20 Malang merasakan dampak
positifnya daripada negatifnya. Hasil angket dari pertanyaan nomor 10 “Apakah
Anda pernah mengoperasikan handphone saat KBM berlangsung?” adalah 24% menjawab
Ya, 57% menjawab tidak, 19% menjawab Ragu-ragu, kesimpulannya adalah siswa SMP
Negeri 20 Malang pernah mengoperasikan handphone saat KBM berlangsung. Hasil
angket dari pertanyaan nomor 11 “Apakah handphone mempengaruhi perilaku Anda?”
adalah 20% menjawab Ya, 49% menjawab Tidak, 31% Ragu-ragu, kesimpulannya adalah
mayoritas siswa SMP Negeri 20 Malang tidak merasakan jika handphone
mempengaruhi perilakunya. Hasil angket dari
22
pertanyaan nomor 12 “Apakah perilaku Anda
menjadi lebih baik dengan penggunaan handphone?” adalah 15% menjawab Ya, 25%
menjawab
Tidak,
60% menhjawab Ragu-ragu. Hasil pertanyaan dari pertanyaan nomor 13 “Aapakah
penggunaan handphone mengubah prestasi
belajar Anda menjadi lebih baik?” adalah 23% menjawab Ya, 19% menjawab Tidak, 58% menjawab
Ragu-ragu. Hasil angket dari pertanyaan nomor 14 “Apakah handphone membuat Anda
menjadi kecanduan untuk mengoperasikannya?” adalah 42% menjawab Ya, 40%
menjawab Tidak, 18% menjawab Ragu-ragu, kesimpulannya adalah siswa SMPN Negeri
20 Malang mayoritas kecanduan dalam mengoperasikan handphone. Hasil angket dari
pertanyaan nomor 15 “Apakah handphone Anda gunakan untuk mencari hal-hal yang
negatif?” adalah 2% menjawab Ya, 96% menjawab Tidak, 3% menjawab Ragu-Ragu.
Kesimpulannya adalah siswa SMPN 20 Malang mayoritas tidak menggunakan handphone
untuk mencari hal-hal yang negatif. Hasil angket dari pertanyaan nomor 16
“Apakah handphone juga Anda gunakan sebagai sarana untuk mencari informsi
pelajaran?” adalah 86% menjawab Iya, 5% menjawab Tidak, 9% menjawab Ragu-Ragu,
kesimpulannya adalah bahwa mayoritas siswa SMPN 20 Malang juga menggunakan
handphone sebagai sarana untuk mencari informasi pelajaran. Hasil angket dari
pertanyaan nomor 17 “Apakah Anda sering membuka internet mengenai jejaring
sosial melalui handphone?” adalah 74% menjawa Ya, 11% menjawab Tidak, 15%
menjawab Ragu-Ragu, kesimpulannya adalah mayoritas siswa SMPN 20 Malang sering
membuka internet mengenai jejaring sosial melalui handphone. Hasil angket dari
pertanyaan nomor 18 “Apakah Anda pernah mendapatkan sanksi dari guru karena
mengoperasikan handphone saat KBM berlangsung?” adalah 10% menjawab Iya, 84%
menjawab Tidak, 6% menjawab Ragu-Ragu. Kesimpulannya adalah bahwa mayoritas
siswa SMPN 20 Malang tidak pernah dikenai sanksi oleh guru karena
mengoperasikan handphone saat KBM berlangsung. Hasil angket dari pertanyaan
nomor 19 “Apakah Anda merasa tidak nyaman bila sehari
23
tidak mengoperasikan handphone?” adalah 38%
menjawab Ya, 40% menjawab Tidak, 22% menjawab Ragu-Ragu. Hasil angket dari
pertanyaan
nomor 20 “Apakah mengoperasikan handphone lebih penting daripada belajar?”
adalah 3% menjawab Iya, 78% menjawab Tidak, 19% Ragu-Ragu, kesimpulannya adalah
bahwa mayoritas siswa SMPN 20 Malang lebih mementingkan belajar daripada
mengoperasikan handphone.
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Dari
uraian di atas, penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut :
3.1.1 HP adalah alat komunikasi yang
proses penyampaiannya melalui informasi dari satu pihak ke pihak lain sehingga
akan menimbulkan pemahaman bersama
3.1.2 HP merupakan bagian yang
terpenting dari kehidupan remaja.
3.1.3 Bila HP diatur secara
baik maka akan menghasilkan baik pula dan berguna bagi siapa saja yang
membutuhkan.
3.1.4 Jika kita dapat
memfungsikan HP dengan baik maka kita dapat manfaat yang cukup besar antara
lain : dapat SMS dari orang lain menerima telepon dan lain sebagainya.
3.2 Saran
Kemajuan
teknologi komunikasi yang dalam hal ini terhadap banyaknya produk handphone
dengan berbagai fitur siswa harus bisa secara bijaksana memanfaatkan segala
fitur dan fasilitasnya yang dapat menunjang pengetahuan siswa dan dapat membedakan
fitur dan fasilitas handphone yang bisa merusak masa depan siswa. Sehingga
handphone dimiliki oleh siswa semata-mata dapat memudahkan komunikasi dan
menambah pengatahuan/wawasan yang positif.
24
25
DAFTAR RUJUKAN
1. efraimstefanes.blogspot.com,
diunduh pada tanggal 2 Januari 2014 jam 16.56
2. p3laj4r.blogspot.com, diunduh pada tanggal 2 Januari 2014 jam 16.50
3. arumdeapikat.blogspot.com, diunduh pada tanggal 2 Januari 2014 jam 17.08
5. ciricara.com,
diunduh pada tanggal 2 Januari 2014 jam 17.37
6. ptkomunikasi.wordpress.com,
diunduh pada tanggal 2 Januari 2014 jam 06.29
9. http://arioardyansyah.blogspot.com/2012/10/perngertian-handphone.html,
diunduh pada tanggal 10 Desember 2013 jam 10.15
10. http://www.zainalhakim.web.id/manfaat-handphone-bagi-kehidupan-sehari-hari.html,
diunduh pada tanggal 10 Desember 2013 jam 10.21
11.
http://ghufroncholid.wordpress.com/2009/02/01/manfaat-handphone-dalam-kehidupan/, diunduh pada tanggal 10 Desember 2013 jam 10.22
26
WAWANCARA
UNTUK GURU
1.
Bagaimana pendapat Bapak / Ibu mengenai
penggunaan handphone oleh siswa SMP Negeri 20 Malang saat ini?
2.
Bagaimana pendapat Bapak / Ibu mengenai
pengaruh penggunaan handphone terhadap perubahan prestasi belajar siswa?
3.
Bagaimana pendapat Bapak / Ibu mengenai
pengaruh penggunaan handphone terhadap perilaku siswa?
4.
Menurut Bapak / Ibu, apa yang menyebabkan
siswa menjadi kecanduan menggunakan handphone?
5.
Menurut Bapak / Ibu apa dampak yang akan
disebabkan jika siswa kecanduan menggunakan handphone?
6.
Menurut Bapak / Ibu, bagaimana ciri-ciri
siswa yang kecanduan menggunakan handphone?
7.
Menurut Bapak / Ibu, mengapa penggunaan
handphone perlu dibatasi?
8.
Bagaimana peranan sekolah dalam
membatasi penggunaan handphone?
9.
Bagaimana cara penggunaan handphone yang
benar sehingga tidak menimbulkan dampak negatif bagi siswa SMP Negeri 20
Malang?
10.
Menurut Bapak/Ibu, apakah fitur-fitur
canggih dari handphone bisa menurunkan prestasi belajar siswa SMP Negeri 20
Malang? Mengapa?
27
WAWANCARA
UNTUK SISWA
1.
Menurut Anda, apakah handphone sangat
berpengaruh dalam proses belajar Anda? Mengapa?
2.
Apa saja manfaat yang Anda ketahui dari
handphone?
3.
Bagaimana cara Anda menjauhi fitur-fitur
negatif dari handphone?
4.
Bagaimana pengaruh handphone terhadap
perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang?
5.
Bagaimana contoh perubahan perilaku
siswa SMP Negeri 20 Malang karena handphone?
6.
Bagaimana cara Anda mengatur waktu
antara menggunakan handphone dengan melakukan aktivitas sehari-hari terutama
dalam belajar?
7.
Bagaimana cara mengantisipasi dampak
negatif penggunaan handphone yang mempengaruhi prestasi belajar Anda?
8.
Apa saja keuntungan yang Anda dapatkan
ketika menggunakan handphone?
9.
Menurut Anda, apa saja hal yang bisa
membuat siswa kecanduan handphone?
10.
Jika Anda kecanduan handphone, bagaimana
cara Anda untuk menghilangkan kecanduan tersebut?
28
Jawab guru Inda Riani
1.
Itu boleh asal di tatib sudah ada
peraturan saat KBM berjalan tidak boleh dioperasikan, di satu sisi ada sebagian
guru tidak memperbolehkan. Apa yang di tatib saat KBM tidak diperbolehkan. Jika
ponsel hilang menjadi tanggungan pribadi, tapi selama ini guru
2.
Banyak sekali penurunan, ada salah satu
siswa yang sebenarnya pandai tapi karena sering mengoperasikan ponsel saat KBM
jadi menurun. Satu sisi ada baik dan buruk
3.
Membawa dampak pada gaya, bisa menambah
pengetahuan, tapi disatu sisi ada pengaruh buruk. Contohnya di SMP 4 Jakarta
yang melakukan pornografi. Ada juga anak kelas 7 yang sudah tidak perawan
karena terlalu sering melihat pornografi dari handphone.
4.
Karena banyak ditemukan fitur2 seperti
game online, sehingga suka mencoba terus dan terus sampai akhirnya tidak
memperhatikan dalam belajarnya. Internet juga
5.
Prestasinya akan menurun, pengetahuan
banyak digali dari internet,
6.
Jika belajar tidak fokus pada yg
mengajar, saat dijalan biasanya sambil membawa handphone
7.
Agar pengaruh negatif penggunaan di minimalisir
8.
Aturan yang dimasukan buku tatib, diberi
sanksi, sekolah tidak mempunyai tanggung jawab seandainya ada kehilangan.
9.
Harus tahu batasan waktu, jika sekolah
saat KBM tidak boleh dinyalakan, jika dirumah internetan paling tidak 1 jam.
10.
Bisa menurunkan bisa juga tidak, karena
kaitanyya dengan konsentrasi belajar. Pengetahuannya bisa juga bertambah dengan
fitur2 canggih.
29
Jawaban siswa kelas 7 Fitria Laili
Maulidiah
1.
Tidak,
karena dengan adanya handphone biasanya konsentrasi belajar menjadi terganggu dengan
adanya sms dari teman.
2. Sebagai alat komunikasi dan untuk mencari informasi
dari internet.
3. Menjauhi hal-hal yang berbau negatif di internet.
4. Menjadikan siswa lebih mementingkan kepentingan
sendiri (egois), malas belajar, dll.
5. Menjadi egois, sulit diatur, dan malas belajar.
6. Handphone diletakkan jauh dari tempat
belajar dan hanya digunakan saat benar-benar membutuhkannya.
7. Mempertebal agama, dan menitipkan
handphone kepada orang tua.
8. Memudahkan komunikasi dengan orang lain, memudahkan
untuk mencari informasi dari internet
9. Adanya fitur-fitur dalam handphone (games, facebook,
dll).
10. Menghentikan pemakaian handphone dan
lebih menyadari
pengaruh negatif dari handphone tsb.
30
Jawaban
siswa kelas 8 Resyanda Fadhila Safira
1.
Iya karena jika tidak mengerti pelajaran
yang diajarkan bisa browsing melalui internet di handphone.
2.
Bisa menghubungi orang tua saat pulang
sekolah, kalo tidak bisa ketemu bisa lewat sms, bisa browsing, bisa foto ama
teman-teman.
3.
Kalo yang sudah di download lebih baik
di hapus, tapi jika ada iklan-iklan lebih baik jangan dilihat.
4.
Perilaku lebih kecanduan dari handphone,
meskipun dilarang tetap dilakukan.
5.
Jika dipanggil orang tua selalu
menunda-nunda, jika mengerjakan tugas selalu tidak fokus.
6.
Belum bisa mengatur, karena terlalu
kecanduan mengoperasikan handphone.
7.
Memilah aplikasi yang ada sehingga kita
bisa menjauhkan dari dari hal-hal negatif yang ada di handphone.
8.
Bisa internetan, bisa foto-foto, bisa
nonton tv lewat handphone, cari tugas yang tidak ada di buku.
9.
Terutama aplikasi sms, internet itu juga
membuat siswa kecanduan.
10.
Hanya memakai handphone jika butuh saja,
dan tidak terlalu berlebihan dalam mengoperasikannya.
31
Jawaban
siswa kelas 9 Eka Sundari
1.
Berpengaruh, biasanya kalo belajar
sambil bermain handphone tidak akan bisa konsentrasi. Jadi pelajaran tidak bisa
masuk.
2.
Sebagai alat komunikasi, jika ada
internet sebagai sarana mencari inforrmasi, dan sosial media.
3.
Tidak mengoperasikannya, tidak membuka
situs-situs porno, mengabaikan iklan-iklan di internet yang berbau porno.
4.
Biasanya terlalu sering mengoperasikan
handphone dengan berlebihan daripada belajar.
5.
Biasanya lebih tidak konsentrasi jika
diajak bicara karena lebih mementingkan bermain handphone.
6.
Biasanya jika waktu belajar itu saat malam,
tapi kalau main handphone tidak terlalu sering.
7.
Jika bermain handphone lebih dibatasi,
membagi waktu antara belajar dengan bermain handphone.
8.
Bisa berkomunikasi dengan orang lain,
mencari informasi melalui internet, menambah wawasan melalui internet.
9.
Sms-an dengan pacar atau teman,
fitur-fitur canggih yang menarik.
10.
Menyerahkan handphone kepada orang tua
untuk menyitanya agar tidak bermain handphone.
32
Jawaban
siswa kelas 9 Sofia Ari Murti
1. Tidak
terlalu berpengaruh, biasanya untuk tanya informasi masalah sekolah dan
mengakses internet untuk mencari tugas.
2. Untuk
komunikasi, jika ada internet bisa untuk mengakses internet.
3. Pakai
handphone yang sudah lama jadi belum memiliki fitur canggih dan jika ujian
biasanya dititipkan ke orang tua.
4. Pengaruhnya
sebenarnya positif, tetapi ada saja 1-2 anak yg menggunakannya untuk hal
negatif.
5. Jadi
lebih individualis, jadi lebih apatis, lebih tidak peduli dengan sekitarnya
karena terlalu asyik dengan handphonenya.
6. jika
menggunakan handphone hanya seperlunya. Jangan terlalu malam jika menggunakan
handphone.
7. Jika
tidak terlalu diperlukan sekali jangan digunakan, apalagi jika prestasi sudah
mulai menurun.
8. Jadi
bisa berkomunikasi dengan teman, jika ada kerja kelompok yang agak jauh jadi
bisa saling menghubungi.
9. Waktu,
karena waktu seperti berjalan cepat. Sama tergantung sifat anak itu sendiri.
10. Meminta
dukungan dari teman-teman untuk mengurangi penggunaan handphone.
33
·
Diagram JawabanAngket
1.
Apakah Anda memiliki handphone pribadi?
2.
Apakah Anda sering menggunakan
handphone?
3.
Apakah keluarga
mengizinkan Anda menggunakan handphone?
34
4.
Apakah turunnya
prestasi belajar Anda adalah salah satu dampak dari penggunaan handphone?
5.
Apakah Anda pernah ditegur orang tua
karena terlalu sering mengoperasikan handphone?
6.
Apakah Anda banyak menghabiskan waktu
untuk bermain handphone?
35
7.
Apakah handphone mengubah karakter diri
Anda menjadi lebih individualis?
8.
Apakah handphone memudahkan Anda untuk
berkomunikasi?
9.
Dengan menggunakan handphone apakah Anda
merasakan dampak positifnya dibandingkan dengan dampak negatifnya?
10.
Apakah Anda pernah mengoperasikan
handphone saat KBM berlangsung?
36
11.
Apakah handphone
mempengaruhi perilaku Anda?
12.
Apakah perilaku Anda menjadi lebih baik
dengan penggunaan handphone?
13.
Apakah penggunaan handphone mengubah
prestasi belajar Anda menjadi lebih baik?
14.
Apakah handphone
membuat Anda menjadi kecanduan untuk mengoperasikannya?
37
15.
Apakah handphone Anda gunakan untuk
mencari hal-hal yang negatif?
16.
Apakah handphone juga Anda gunakan
sebagai sarana untuk mencari informasi pelajaran?
17.
Apakah Anda sering membuka internet
mengenai jejaring sosial melalui handphone?
38
18.
Apakah Anda pernah mendapatkan sanksi
dari guru kerena mengoperasikan handphone saat KBM berlangsung?
19.
Apakah Anda merasa tidak nyaman bila
dalam sehari tidak megoperasikan handphone?
20.
Apakah mengoperasikan handphone lebih
penting daripada belajar?
0 komentar:
Posting Komentar