Rabu, 08 Januari 2014

Minuman Bersoda Bikin Remaja Jadi Pemarah

Minuman Bersoda Bikin Remaja Jadi Pemarah

Perilaku agresif ternyata bukan cuman karena minum-minuman beralkhohol. Bagi remaja, sekaleng minuman bersoda tiap hari sudah bisa mengubah perilaku menjadi pemarah
dan rentan terlibat dalam tindak kekerasan.
            Sebuah penelitian di jurnal Injury Prevention membuktikan perilaku agresif pada remaja berhubungan erat dengan kebiasaan  minuman soda. Belum dipastikan adanya hubungan sebab akibat. Tapi temuan ini menguatkan dugaan kalo nutrisi bisa mempengaruhi perilaku.
            Penilitian itu dilakukan terhadap 1.878 remaja berusia 14-18 tahun dari 22 sekolah negeri di wilayah Boston, Amerika Serikat. Para peneliti mengamati perilaku para responden yang berhubungan dengan kekerasan. lalu membandingkan dengan kebiasaan meminum soda.
            Dari hasil anlisis, didapatkan 2 kelompok responden berdasarkan kebiasaan minum minuman bersoda yakni kelompok high dan kelompok low. Kelompok high meminum minuman bersoda 5 kaleng  atau lebih tiap pekan, sedangkan kelompok low 4 kaleng atau kurang tiap pekan, peneliti hanya menemukan perilaku agresif dan kecenderungan  tindak kekerasan pada 32% pada kelompok low. Kecenderungan ini diwujudkan salah satunya dengan pengalaman membawa senjata, baik pisau, maupun pistol dalam beberapa pekan terakhir.
            Sedangkan pada kelompok high, kecenderungan untuk melakukan tindak kekerasan jauh lebih tinggi yakni 43%. Ini berarti, cukup dengan minum soda satu kaleng tiap hari maka perilaku remaja cenderung bisa berubah menjadi lebih agresif dan rentan melakukan tindak kekerasan.
            “Penyebab tindak kekerasan pada remaja sangat kompleks, tapi  penelitian ini menunjukkan interpretasi sederhana bahwa mi numan bersoda ikut berperan.” Ungkap Prof Peter Ki nderman, ahli psikologi klinis dari University of Liverpool yang tidak terlibat dalam penelitian itu, seperti dikutip dari Dailymail.
            Hasil penelitian ini juga sejalan dengan beberapa penelitian terdahulu, yang mengatakan kalo nutrisi yang buruk meningkatkan kecenderungan perilaku antisosial pada remaja. Tindak kekerasan merupakan salah satu bentuk perilaku antisosial, sedangkan minuman bersoda termasuk sumber nutrisi yang buruk.


Sumber: tabloid Gaul edisi 43
Diketik ulang : Laras Anindita


0 komentar:

Posting Komentar