Sabtu, 01 Februari 2014

"Kurang Tidur" Menyebabkan Kerusakan Genetik



Kehidupan modern penuh dengan stres dan kecemasan sering menyebabkan insomnia. Selain itu "kurang tidur" menyebabkan kerusakan genetik dan negatif mempengaruhi kesejahteraan kita, orang menjadi mudah tersinggung, dan kulit mereka menjadi kusam.

Dan baru-baru ini, peneliti Inggris menemukan bahwa hanya dalam satu minggu "kurang tidur" mampu mengganggu kerja dari ratusan gen, meningkatkan risiko penyakit berbahaya yang berhubungan dengan stres, kekebalan tubuh dan proses inflamasi.

Selama studi, para ahli dari University of Surrey di Guildford mempelajari aktivitas gen 26 relawan. Selama satu minggu, para peserta hanya tidur 6 jam per hari. Studi ini menemukan kerusakan gen dalam sel-sel darah manusia. Studi ini menemukan lebih 700 gen mengalami kerusakan akibat dari kurang tidur. Beberapa dari mereka telah menjadi "lamban". 

Menutur ilmuwan tidur sama pentingnya dalam hidup kita, seperti diet atau olahraga. Dan kekurangan itu menyebabkan masalah besar dengan kesehatan. Seperti yang ditunjukkan oleh studi sebelumnya,  bahwa "kurang tidur" memicu obesitas, diabetes, penyakit jantung dan gangguan kognitif.
Saran ilmuwan untuk tidur berkualitas melawan insomnia, sebagai berikut:
  1. Hanya perlu pergi ke tempat tidur ketika kantuk.
  2. Dilarang makan di tempat tidur, membaca atau menonton TV. Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur.
  3. Jika Anda tidak dapat tertidur dalam waktu 10 menit, bangkit lakukan pekerjaan apapun sampai kantuk. 
  4. Tidur dan bangun selalu pada waktu yang sama. Ini membantu tubuh untuk menyetel irama biologis tertentu dari tidur dan terjaga.
  5. Tidak perlu tidur di siang hari, bahkan jika Anda benar-benar ingin. Hal ini akan mengganggu ritme tidur di malam hari.
  6. Menghindari makanan yang mengandung kafein dan stimulan, setidaknya, sebelum tidur: stop minum kopi, teh, cola, minuman tonik, coklat.
  7. Makan malam yang terbaik selama tiga jam sebelum waktu tidur.
  8. Jangan mengambil obat, kecuali obat penenang sebelum tidur. 
  9. Matikan cahaya lampu agar hormon mengantuk dapat bekerja.
Ini efek dari "kurang tidur" meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, obesitas dan gangguan mental. Oleh karena itu, tidur yang baik, yang seharusnya mengambil 7-9 jam sehari, secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah munculnya gejala penyakit kronis.

See more : http://logilmu.blogspot.com/2014/01/kurang-tidur-menyebabkan-kerusakan.html

0 komentar:

Posting Komentar